Contoh Perencanaan Bisnis Makanan

Berikut ini blog Ide Usaha dan Ide Bisnis Buatmu akan memberikan contoh perencanaan bisnis makanan. Jadi bagi yang ingin menjalankan bisnis seputar makanan, semoga perencanaan berikut berguna.

Membuat perencanaan terlebih dahulu sebelum mendirikan sebuah usaha merupakan sesuatu yang harus dilakukan. Sebab tanpa adanya perencanaan bisa-bisa bisnis yang dijalankan menjadi kurang maksimal. Bahkan bisa jadi bisnis yang dijalankan menjadi morat-marit dan bisnis akan mengalami kerugian.

Oke, bagi yang ingin menjalankan usaha makanan, berikut perencanaannya:

  • Baca terlebih dahulu peluang bisnis yang akan anda jalankan. Misal ingin menjalanakan bisnis jualan gorengan yang unik dan menarik seperti gorengan berbentuk  bulat, segitiga dan bintang. Maka lihatlah kira-kira gorengan tersebut dapat memiliki banyak peminat atau tidak?
  • Jika memang usaha mengenai makanan yang akan anda jalankan tersebut memiliki peluang yang menjanjikan. Maka tahap selanjutnya yaitu menghitung berapa modal yang diperlukan untuk menjalankan bisnis tersebut. Termasuk gaji karyawan bila memerlukan karyawan.
  • Kemudian hitung, berapa kira-kira penghasilan yang diperoleh atau yang di dapat? Apakah menguntungkan atau malah merugikan? Jika merugikan, coba buat harga baru (menaikkan harga).
  • Jika sudah menguntungkan, coba perhatikan kelemahan atau tantangan dari bisnis tentang makanan yang ingin anda jalankan. Yaitu misal bisnis gorengan itu kelemahannya tidak bisa tahan lama (harus sekali jual dan tidak boleh digoreng dua kali). Persaingan yang semakin ketat, sebab penjual gorengan tidaklah sedikit, dll.
  • Manfaatkan kelebihan, misal bisnis gorengan itu kelebihannya dapat dinikmati berbagai kalangan dan umur. Paling nikmat jika dinikmati hangat-hangat. Dll
  • Terakhir jalankan bisnis ini, semoga sukses selalu.

Itulah contoh perencanaan bisnis makanan yang dapat kami bagi. Mudah-mudahan bisnis yang akan anda jalankan dapat berjalan lancar. Tetap semangat dalam meraih impian, sebab semangat merupakan awal dari kesuksesan serta sabar adalah bagian dari kesuksesan. Jika ingin menjalankan usaha sampingan, anda dapat baca di 1001 contoh usaha sampingan di rumah.