Contoh Rencana Bisnis Sederhana

Ternyata baru ku sadari bahwa banyak juga orang yang mencari tentang contoh rencana bisnis sederhana. Untuk itu, pada kesempatan kali ini blog Ide Usaha dan Ide Bisnis Buatmu akan berbagi contoh rencananya.

Namun perlu diingat, bila anda seorang pemula, dalam merencanakan suatu bisnis, anda tidak perlu terlalu ribet. sebab ribet bisa menjadi batu sandungan, sehingga dapat menjadikan anda malas untuk berbisnis.

Jadi silahkan praktekkan contoh perencanaan bisnis yang sederhana berikut:


Pertama tentukan bisnis yang ingin anda geluti terlebih dahulu, lebih baik menjalankan bisnis sesuatu yang anda sukai atau yang sudah anda pahami.

Contohnya bila suka jajan mie ayam, bisa mencoba menjalankan usaha mie ayam. Lalu bila suka jalan-jalan bisa buat jasa travering atau jasa pemotretan. Dan untuk yang punya keahlian seperti menyanyi bisa membuat kursus menyanyi.

La kalau masih sulit mencari bisnis, silahkan tentukan bisnis yang paling ingin anda jalankan.

Kedua setelah menentukan bisnis atau usaha yang akan dijalankan, bayangkanlah ingin anda buat seperti apa usaha tersebut. Yang anda bayangkan yaitu mulai dari tempat, inovasi (bila perlu), bentuknya seperti apa, sistemnya bagaimana, menggunakan karyawan atau tidak, dll. Lalu analisislah berapa modal yang diperlukan, kira-kira pemasukan berapa dan hitung keuntungannya.

Ketiga persaingan memang banyak dialami oleh setiap pebisnis, jadi jangan takut, jangan pesimis. Buatlah bisnis anda supaya bisa lebih menarik ketimbang milik orang lain.

Terakhir jalankanlah, inilah yang sulit, sebab banyak orang yang berangan-angan, sudah menjalankan langkah-langkah seperti diatas. Namun pada akhirnya mereka masih takut, mereka masih pesimis dan pada akhirnya bisnis itu hanya tinggal kenangan.

Jadi yang anda butuhkan yaitu keberanian dalam menjalankan, jangan takut, jangan malu dan tetap optimis.


Itulah contoh rencana bisnis sederhana yang dapat saya bagi, semoga dapat membantu anda. Ingat jangan bilang “bicara itu mudah, prakteknya yang sulit”, sebab itu dapat melemahkan mental dan semakin membuat anda tidak berani menjalankan suatu usaha.