Usaha Sepi, Bagaimana Solusinya?

Usaha memang tak mudah, kadang usaha sepi kadang juga ramai sekali. Namun bila sepi terus atau kebanyakan sepi daripada ramainya. Tentu akan membuat usaha tersebut lama kelamaan bisa gulung tikar. Untuk itu, untuk menjadikan usaha yang sepi menjadi ramai, apa solusinya?

Sebelum bicara mengenai solusi, carilah akar masalahnya terlebih dahulu. Sehingga bila akar masalah sudah diketahui, maka solusi tersebut bisa muncul dengan sendirinya. Nah bagaimana mencari akar masalah yang menjadikan usaha menjadi sepi? Sebagai studi kasus, maka usaha yang akan menjadi contoh yaitu usaha warung makan.


Bila usaha warung makan sepi, tentu ada sebabnya. Yaitu apakah tempat berdirinya warung makan tersebut cukup strategis? Untuk warung makan yang strategis yaitu seperti di dekat pabrik, tempat kos, sekolahan, kampus, pinggir jalan raya dll.

Nah bila tempatnya sudah strategis, tapi masih sepi. Apakah makanan yang dijual itu enak? Harganya bagaimana? Peminat menu makanan tersebut banyak apa tidak? Dll.

Selain itu, kira-kira dalam hal kebersihan bagaimana? Mulai dari kebersihan lantai, meja, kursi, piring dan sendok.

Lalu untuk masalah kecepatan penyajian, tempatnya yang panas yaitu butuh kipas apa tidak dll.
Nah bila sudah menemukan akar masalahnya, silahkan carilah solusinya. Dan pastinya anda sudah paham akan berbuat apa bila sudah tau masalahnya.

Bagaimana, sudah tau bukan langkah apa yang harus anda perbuat untuk menjadikan usaha atau bisnis anda yang sepi menjadi ramai. Jadi ingat, cari masalahnya terlebih dahulu dan nantinya anda akan dipertemukan dengan solusi.


Oke mungkin itu saja ulasan mengenai cara memecahkan usaha yang sepi. Jadi bila bisnis atau usaha sepi, janganlah putus asa. Sebab berwirausaha itu pasti ada cobaannya, dan berwirausaha tidak akan selalu mulus perjalanannya.