Bingung Mau Bisnis Apa Ya?

Anda bingung mau bisnis apa? Atau anda bertanya-tanya, enaknya usaha apa ya? Ya memang bukan anda saja, sebab banyak teman-teman yang bertanya begitu dan malah ada pula yang mengirim sms, menanyakan hal itu kepada saya.

Dan menurut saya, yang bertanya seperti itu rata-rata adalah para pemula. Maka, apa jawaban saya saat ada yang bertanya seperti itu? Ya sebelum saya jawab, saya tanya balik dahulu yaitu “apa hobi anda?”. Lalu pertanyaan selanjutnya yaitu “apa hal yang sering anda lakukan, atau apa keterampilan yang anda miliki, dll”. Dan bila sudah dijawab, baru saya beri contoh bisnis yang cocok buatnya.


Nah dari pertanyaan balik tersebut tentu sudah bisa disimpulkan bahwa coba mulailah usaha dari hobi anda, keterampilan atau keahlian yang anda miliki. Sebab itu akan jauh lebih mudah dan tidak terlalu membuat anda bingung dalam memulainya. Misalkan hobi memancing, bisa bisnis jual peralatan pancing, kolam pemancingan, dll. Lalu contoh lagi bila hobi musik, bisa buat studio musik, jual alat-alat musik, dan yang modalnya sangat kecil yaitu buat kursus bermain musik.

Nah kalau gitu apa hobi anda saat  ini? Coba bayangkan dan cari ide-ide bisnis yang berhubungan dengan hobi anda.

Lalu selanjutnya yaitu keterampilan atau keahlian yang anda miliki. Misalkan anda pandai memasak, anda bisa buka warung atau sesuatu yang berhubungan dengan makanan. Lalu misalkan ahli dalam bidang komputer, bisa buka jasa servis komputer atau laptop. Pokoknya coba pikir dulu sesuatu yang berhubungan dengan keahlian anda.


INGAT, jangan berpatokan pada modal dan jangan menganggap modal adalah sesuatu yang amat sangat penting. Sebab yang lebih penting adalah KEBERANIAN untuk memulai. Semoga yang lagi bingung mau bisnis apa atau yang sedang bingung ingin usaha apa, tidak bingung lagi saat membaca artikel ini.