Cara Memulai Bisnis Makanan Ringan

Cemilan atau makanan ringan memang salah satu jenis makanan yang cukup mudah untuk dijadikan bisnis. Mudah pengerjaannya karena bisa dijalankan sendiri dahulu, mudah dalam hal modal karena dengan modal 100 ribu bisnis sudah bisa jalan dan mudah dalam hal penjualan sebab penjualannya bisa ke warung-warung atau toko-toko.

Namun semudah apapun kata orang, bila tidak dapat memulai dari mana dahulu bisnis tersebut. Maka kebingungan akan melanda dan bahkan niat untuk berbisnis bisa-bisa gagal hanya karena tidak tahu harus memulai dari mana. Untuk itu, blog Ide Usaha dan Ide Bisnis Buatmu akan berbagi contoh cara memulai bisnis makanan ringan. Dengan harapan, anda yang ingin menjalankan bisnis produksi makanan ringan dapat segera memulai bisnisnya tanpa harus menunda-nundanya lagi.

Cara Memulai Bisnis Makanan Ringan

5 Cara Memulai Bisnis Makanan Ringan

Produksi Makanan Ringan Yang Mampu Anda Buat

Cara pertama yang perlu diperhatikan yaitu anda harus mampu membuat makanan ringan. Bila belum mampu, belajarlah, di internet banyak sekali tutorial gratis tentang cara membuat makanan ringan.

Bila sudah mampu membuat, entah apa itu makanan ringannya, maka selanjutnya yaitu rasakan dahulu makanan ringan tersebut, enak tidak, layak dijual tidak dan lain-lain. Bila perlu anda menyuruh tetangga atau teman untuk mencicipi dan memberikan komentar tentang makanan ringan yang anda buat.

Bila rasanya sudah benar-benar enak dan layak dijual, silahkan lanjut baca cara selanjutnya.

Kalkulasi Keuntungan

Disini tugas yang harus benar-benar diperhatikan yaitu anda harus memikirkan modal dan harga penjualannya. Jadi misalnya dengan modal 100 ribu bisa menghasilkan berapa banyak makanan ringan? Lalu bila dibungkus dengan ukuran sebasar itu kira-kira bisa untung tidak? Misalnya harga per bungkus Rp.800, kira-kira bagaimana? Dan lain-lain.


Produksi

Bila sudah mampu membuat makanan ringan dan setelah dikalkulasi bisa untung. Maka tahap ketiga yaitu langsung memproduksi.

Pasarkan

Setelah diproduksi maka tahap selanjutnya memasarkannya. Untuk pemasaran bisa ke toko-toko, ke warung-warung atau bisa juga dijual secara online. Usahakan kalau bisa jangan memakai sistem titip, sehingga nanti anda bisa langsung balik modal. Terkadang banyak toko atau warung-warung yang akan menolak makanan ringan yang anda jual. Tapi jangan patah semangat, itulah namanya bisnis. Masih banyak toko-toko lain yang siap menerima dagangan anda.

Sabar Dan Terus Semangat

Orang berbisnis itu harus tahan banting, tahan mental, tahan diomelin, tahan terhadap cobaan yang menghadang dan lain-lain. Jadi terus semangat dan teruslah bersabar ya.


Oke itulah 5 cara memulai usaha makanan ringan yang semoga bisa bermanfaat. Kunci sukses berbisnis itu adalah berani, sebab menjalankan bisnis saja belum berani, mana mungkin sukses bisa datang.

0 komentar: