3 Contoh Usaha Sampingan PNS

Kali ini usaha yang akan dibahas yaitu usaha sampingan pns. Jadi bagi pegawai negeri sipil yang ingin berwirausaha, semoga saja contoh usaha berikut dapat bermanfaat.

Ya sebab banyak orang yang tau, menjadi pns saja belum tentu dapat menjadikan kaya. Apalagi masih golongan bawah yang gajinya belum terlalu besar.

Selain itu seperti pns guru yang mengajarnya hanya sampai siang hari tentu butuh kegiatan yang dapat menambah penghasilan. Oke, untuk itu berikut contoh-contoh usaha atau bisnis sampingan buat pns:


Namun, sebelum membaca lebih lanjut, anda juga dapat membaca contoh-contoh lain bisnis sampingan.


  • Membuka Toko
Usaha ini dalam kenyataannya sudah dijalankan oleh orang tua teman SMA saya. Dia adalah seorang guru yang sukses dalam berjualan. Pada awalnya yang dijual hanyalah air minum kemasan dengan toko yang kecil. Namun sekarang (sudah sekitar 6 tahun) tokonya sudah cukup besar dan dengan berbagai barang dagangan. Dan dia beserta istri sekitar 2 tahun yang lalu juga sudah pergi naik haji.


  • Usaha Ternak Burung
Sekarang harga burung di pasaran cukuplah besar, harga per burung saja ada yang sampai puluhan bahkan ratusan juta. Sehingga usaha ini sangat cocok bila dijadikan sampingan bagi pns.

Jadi bila anda tertarik untuk beternak burung, jalankanlah sebab selain menghasilkan, beternak burung juga mengasikkan.


  • Berjualan Online
Nah berjualan online juga dapat menjadi sampingan. Untuk barang yang dapat dijual bisa pakaian, jilbab, kreasi dari barang bekas dll.

Itulah 3 contoh usaha sampingan pns yang semoga saja dapat bermanfaat. Ya sebenarnya masih banyak lagi usaha-usaha atau bisnis-bisnis lainnya. Namun sepertinya itu sudah cukup sebagai penambah referensi.

Selagi dirimu masih bisa sukses tanpa bekerja untuk orang lain, mengapa tidak dirimu lakukan?