Bagaimana Cara Cari Modal Usaha?

Tak sedikit orang yang akan menjalankan usaha bingung bagaimana cara cari modal usaha. Ya sebab, modal memang sangat penting dalam berwirausaha. Walaupun ada bisnis tanpa modal namun terkadang bisnis tersebut tidak sesuai dengan profesi, keahlian serta harapan.

Untuk itu blog Ide Usaha dan Ide Bisnis Buatmu kali ini akan berbagai cara bagaimana anda dapat memperoleh modal untuk mendirikan usaha.

Meminjam ke bank, Orang Tua atau Saudara


Cara yang pertama untuk memperoleh modal yaitu meminjam ke bank. Namun anda harus berani mengambil resiko bila nantinya usaha gagal dan anda masih tetap harus mengembalikan uang ke bank. Selain itu, anda perlu memiliki sertifikat tanah atau BPKB kendaraan sebagai agunan. Perlu diperhatikan, bahwa ternyata banyak sekali wirausahawan yang memilih cara ini untuk menjalankan atau memajukan usaha mereka.

Bila anda masih takut untuk meminjam ke bank atau tidak memiliki agunan. Maka anda bisa meminjam ke saudara atau ke orang tua.
                                              

Menjalin kerja sama


Dalam hal ini anda dapat mencari orang yang mau menanamkan modalnya untuk usaha anda. Bila anda tidak memiliki pengalaman biasanya mereka (pemilik modal) tidak mau melakukan kerjasama, walaupun penawaran anda cukup menjanjikan.

Namun bila anda sudah berpengalaman, serta bisa jadi kenal cukup baik dengan pemilik modal. Maka mendapatkan modal itu sangat mudah sekali.

Menabung


Bila masih takut untuk meminjam, atau sulit menemukan orang yang mau menginvestasikan uangnya. Maka menabung adalah cara yang paling mudah. Sebab kita hanya harus menyisihkan sebagian penghasilan yang kita miliki. Dan bagi yang masih sekolah atau kuliah dapat menyisihkan uang jajan yang diberikan oleh orang tua.

PKM (Program Kreativitas Mahasiswa)


Bagi anda seorang mahasiswa, anda dapat memperoleh modal usaha dari PKM. Modal yang bisa anda ajukan juga cukup besar yaitu sekitar 10 juta rupiah.


Sepertinya itu saja, 4 cara mencari modal usaha yang dapat kami bagi. Ingatlah, modal itu bukan segala-galanya, sebab yang terpenting adalah kemauan serta kerja keras.