Bicara mengenai strategi bisnis perusahaan dan pedagang
kaki lima, tentu mereka memiliki strategi tersendiri untuk dapat memajukan bisnisnya.
Dan yang perlu diketahui strategi itu berbeda-beda dalam suatu perusahaan,
tergantung apa produk yang dijual.
Jadi strategi itu tidak
hanya untuk sepak bola saja. Dalam berbisnis pun diperlukan strategi khusus. Tak
hanya perusahaan besar saja, usaha rumahan, bisnis online, serta usaha kecil yang lainnya juga butuh strategi supaya bisnis menjadi sukses.
Oke, berikut ini
contoh strategi yang dilakukan oleh perusahaan besar serta perusahaan kecil
(pedagang kaki lima):
Perusahaan Telekomunikasi
Nah untuk perusahaan
ini awalnya memberikan bonus yang banyak. Seperti gratis sms sepuasnya, biaya
panggilan super murah, gratis berinternetan siang malam dll. Nah mereka
(perusahaan telekomunikasi) nantinya lama kelamaan akan mengurangi gratisan
sms, menaikkan tarif panggilan dan internet yang harus membayar.
Inilah trik yang memang
sudah tidak asing lagi. Ya ketika seseorang sudah nyaman dengan kartu yang
dipakai, sudah tidak berani ganti kartu karena nomor sudah menyebar. Pasti
walaupun menjadi lebih mahal, banyak pengguna tetap setia.
Pedagang Kaki Lima
Maaf karena blog Ide Usaha dan Ide Bisnis Buatmu tidak
mengambil gambarnya. Ya karena keterbatasan yang kami miliki.
Anda tentu pernah pergi
ke pasar malam bukan? Bila tidak pernah, anda pasti pernah melihat penjual
Martabak, Molen, Onde-Onde dll di pinggir jalan bukan? Bila anda lihat sekilas
tentu anda tidak dapat menemukan strategi apa supaya menarik pembeli untuk
datang.
Ya strategi yang
digunakan untuk membuat pembeli tertarik untuk datang yaitu lampu yang banyak. Kenapa lampu?
Cobalah lihat baik-baik, lampu yang digunakan untuk menerangi gerobak atau
tempat untuk menjualnya, cukup banyak bukan?
Dan ternyata itu memang
efektif, sebab pembeli akan lebih terpikat. Bila ingin membuktikan, silahkan
nanti cek ke pedagang-pedagang kaki lima. Dan bandingkan tingkat keramaian
antara lampu yang digunakan sedikit dan lampu yang digunakan banyak.
Oke, sepertinya itu
saja contoh strategi bisnis perusahaan
dan pedagang kaki lima. Semoga saja dapat menginspirasi, dan ingat
perencanaan itu sangat penting dalam menjalankan usaha.