Contoh Bisnis Untuk Pensiunan

Seorang karyawan swasta atau seorang PNS (pegawai negeri sipil) memiliki masa kerja yang di usia tertentu mereka harus pensiun. Sehingga tak sedikit dari mereka calon pensiun atau mereka yang sudah pensiun memiliki keinganan untuk berbisnis. Namun banyak yang berpikir dan bertanya kira-kira bisnis untuk pensiunan itu apa ya?

Bila bapak atau ibu adalah seorang pensiunan atau calon pensiunan yang bertanya seperti itu. Berikut ini beberapa contoh bisnis yang cocok untuk seorang pensiunan:


Bisnis Pertanian

Bisnis yang pertama yang bisa dijalankan yaitu bisnis di bidang pertanian. Mengapa saya memberikan ide bisnis ini? Ya dalam kenyataannya, kebanyakan mereka yang pensiun rata-rata menekuni pertanian. Entah itu pensiunan guru, pensiunan polisi, pensiunan TNI dan pensiunan lainnya.

Kalau untuk para pensiunan yang tinggal di kawasan perkotaan saya kurang faham, tapi untuk para pensiunan yang tinggal di desa banyak yang akhirnya bertani. Jadi bapak dan ibu jangan meremehkan hasil pertanian ya? Sebab pertanian juga amat sangat menjanjikan bila tahu caranya.

Bisnis Ternak

Setelah bisnis di bidang pentanian, maka ide bisnis untuk pensiunan selanjutnya yaitu bisnis peternakan. Ya bisnis peternakan juga cukup menjanjikan, entah itu ternak ayam, ternak bebek, ternak burung (bagi yang suka burung), ternak lele dan ternak-ternak lainnya.


Bisnis Untuk Pensiunan Yang Kurang Suka Bertani dan Beternak


Nah khusus bagi para ibu-ibu pensiunan yang kurang cocok bila harus bertani dan beternak. Atau bagi bapak-bapak pensiunan yang malas  bila harus bertani atau harus beternak walaupun menjalankan bisnis tersebut tidak perlu yang namanya mengurus sendiri yaitu para pensiun hanya mengamati atau menangani masalah penjualan saja. Tapi tidak masalah, untuk itu bisnis yang cocok untuk para pensiunan seperti ini yaitu:

Berbisnis Sesuai Bidang

Bila dulu adalah seorang guru PNS dengan bidang mengajar, maka bisa menjalakan bisnis Bimbingan Belajar atau membuka Kursusan. Dan untuk pensiunan polisi, bisa menjalankan usaha atau bisnis jasa perpanjngan STNK. Jadi bagi pensiuanan lain bisa dipikir sendiri bisnis yang sesuai dengan bidang yang dipahami.

Berbisnis Dagang

Setelah kita pensiun maka berdagang adalah bisnis yang cukup keren dan tidak perlu diragukan lagi keuntungan. Namun harus dagang apa? Ya dagang apapun yang disukai, jadi sesuaikan dengan hal-hal yang disuai.

Mungkin itu saja ide-ide bisnis untuk pensiunan yang semoga saja dapat dijadikan referensi. Ingatlah sudah tua, bisnis harus jalan, namun beribadah juga harus diutamakan.

0 komentar: