Apa Sih Definisi Bisnis Kecil ?

Menurut saya pribadi, bukan mengacu pada para pakar atau mengacu pada kamus indonesia bahwa definisi bisnis kecil adalah bisnis yang modalnya kecil. Namun kalau bicara masalah keuntungan tidak selamanya kecil, bahkan keuntungan bisa besar sekali. Bahkan bisa saja lebih besar dari bisnis yang omsetnya milyaran. Karena omset besar bukan berarti untung juga besar. Dan omset dihitung penjualan, belum dihitung modalnya, gaji karyawannya dan lain sebaginya.

Jadi perlu dicatat, omset itu nomor 2, yang terpenting itu profit.


La kalau untuk definisi usaha kecil itu juga usaha yang modalnya kecil juga ya? Iya betul sekali, tapi ingat ini pendapat saya saja, kalau mau anda gunakan sebagai tinjauan pustaka jangan ya.

Oh iya, tapi kalau nanti ada seseorang yang bilang bahwa bisnis dengan modal 100 juta termasuk bisnis kecil, jangan bingung ya. Sebab yang perlu diingat baik-baik yaitu bisnis modal kecil atau bisnis kecil adalah bisnis yang relatif. Jadi misalnya para artis yang memiliki usaha dengan modal ratusan juta, tapi menganggapnya itu bisnis kecil. Maka artis tersebut tidak salah, karena dalam kehidupannya, mereka menganggap uang ratusan juta itu uang yang kecil.

Oke sudah faham apa itu definisi bisnis kecil ya? Tetaplah jadi manuia super, yaitu manusia yang terus semangat walau halangan selalu menghadang.

0 komentar: