Jenis Usaha Apa Yang Cocok Untuk Mahasiswa?

­Usaha yang cocok untuk mahasiswa itu apa ya? Mungkin seperti itulah salah satu pertanyaan yang sering dilontarkan oleh mahasiswa yang ingin menjalankan usaha atau bisnis. Pertanyaan yang terlihat sederhana tapi jawaban dari pertanyaan tersebut yang sering membuat mahasiswa menjadi bingung.

Bingung kenapa? Ya bingung memilih, bingung memulai dan bingung karena masih takut. Sebagai contoh yaitu ada salah satu mahasiswa yang bertanya, usaha apa sih yang cocok buat mahasiswa? Dijawablah pertanyaan itu, “usaha yang cocok untuk mahasiswa yaitu usaha jualan pulsa, usaha jualan roti bakar, usaha bikin akseseoris dan lain-lain”. Respon mahasiswa yang memperoleh jawaban tersebut bagaimana? Dia berpikir dan membayangkan contoh usaha tersebut.


Jenis Usaha Apa Yang Cocok Untuk Mahasiswa

Ada yang berpikir, wah usaha pulsa untungnya kecil dan sudah banyak yang berjualan, usaha roti bakar modalnya pasti besar karena harus beli gerobak dll. Lalu kalau usaha aksesoris, saya tidak bisa membuat aksesoris.

Itulah kesalahan besar bagi mahasiswa, usaha itu butuh tindakan bukan argumen. Usaha itu butuh perencanaan bukan hanya dibayangkan dan usaha itu mudah serta murah bila disiasati. Seperti misalnya jualan pulsa, mungkin sudah ada teman yang berjualan pulsa. Tetapi bukan berarti kita tidak bisa berjualan pulsa bukan? Kita bisa mengakalinya dengan berjualan ke teman-teman lain yang beda falkutas, teman-teman kost dan lain-lain. Yang terpenting anda memulai dulu, jangan terlalu banyak berpikir.

Contoh lagi yaitu usaha jual roti bakar yang anggapannya modal besar karena harus beli gerobak dan lain-lain. Itu salah bro, sebab ada sistem sewa tapi seperti waralaba sehingga modal yang kita keluarkan tidak besar. Dan ini adalah pengalaman salah satu teman futsal saya. Jadi dia hanya membayar uang pendaftaran sebesar 50 ribu dan biaya sewa gerobak per bulan 60 ribu rupiah. Jadi usaha jualan roti bakar itu modalnya kecil bukan?

Nah bila usaha aksesoris masalah utama yaitu kebanyakan tidak bisa membuat aksesoris. Jangan jadikan tidak bisa membuat menjadi alasan ya. Karena sekarang sudah ada internet yang telah meyajikan ribuan bahkan puluhan ribu tutorial yang semuanya gratis.

Setelah memahai tentang masalah yang sering di alami oleh para mahasiswa diatas. Maka blog Ide Usaha dan Ide Bisnis Buatmu kali ini akan berbagi contoh usaha atau bisnis yang akan sangat cocok bila dijalankan oleh seorang mahasiswa. Apa saja itu?

7 Contoh Usaha Yang Cocok Untuk Mahasiswa

1. Pulsa

Usaha jualan pulsa adalah salah satu usaha yang cukup mudah, murah dan tak ada resiko rugi. Sebab, bila diasumsikan kondisi terburuk yaitu tidak ada yang beli. Maka kita bisa memakai pulsa tersebut sendiri, entah untuk pulsa telpon dan sms atau dijadikan peket internet. Dan itu jauh lebih hemat, jadi walaupun tidak laku, kita pun tetap untung.

Artikel terkait : tips cara jualan pulsa


2. Roti Bakar

Roti bakar merupakan salah satu contoh atau jenis usaha yang cocok untuk mahasiswa. Sebab berjualan roti bakar tidak butuh waktu lama dan waktunya yaitu sore hari sekitar jam 6 sore hingga jam 9 malam. Untuk berwirausaha roti bakar kita pun tidak perlu ribet mempersiapkan barang dagangannya. Sebab kita hanya butuh beli roti tawarnya dan menata gerobak jualannya. Sehingga saat pagi sampai sore bila ada jadwal kuliah itu tidak akan terganggu.

Artikel terkait : bisnis roti bakar yang menguntungkan


3. Akseoris

Menjalankan usaha jual aksesoris, khususnya aksesoris wanita itu sangat menjanjikan. Terlebih lagi aksesoris yang dijual adalah aksesoris buatan sendiri. Untuk sukses pada usaha atau bisnis ini lebih baik jadikan membuat aksesoris menjadi sebuah hobi. Jadi bila sudah hobi, mau buat aneka aksesoris akan terasa enjoy dan tak ada beban.

4. Usaha Dari Barang Bekas

Bila masalah modal menjadi masalah utama bagi mahasiswa, maka membuat aneka kreasi dari barang bekas yang banyak ditemukan disekitar rumah adalah solusi yang tepat. Kreasi apa itu? Bisa membuat lampion dari botol bekas, membuat kreasi dari kaca bekas, membuat aksesoris dari  kain perca dan lain sebagainya.


5. Jasa Printing

Namanya mahasiswa penuh dengan tugas-tugas yang kebanyakan tugas tersebut harus dicetak atau di buat hard copy. Untuk itu, para mahasiswa bisa membuat jasa cetak paper atau cetak makalah. Jadi disini modal utamanya hanya printer dan kertas saja.

6. Waralaba

Usaha apa yang cocok untuk mahasiswa selanjutnya? Usaha waralaba. Kenapa usaha waralaba? Karena usaha ini memiliki resiko yang kecil dan untuk berjualannya pun bisa menyesuaikan waktu kuliah. Namun kelemahan usaha ini yaitu modalnya yang cukup besar, namun menyiasati modal, anda bisa melakukan kerjasama dengan beberapa teman untuk patungan menjalankan usaha ini.

Artikel terkait : peluang kerjasama bisnis waralaba


7. Kartu Perdana Internet

Untuk contoh usaha yang cocok bagi mahasiswa selanjutnya yaitu jualan kartu perdana khusus paketan internet. Jadi disini anda membeli dalam jumlah yang besar (minimal satu box atau dus). Dan nantinya anda jual kepada teman-teman mahasiswa dengan harga murah. Misalnya untuk satu buat perdana anda mengambil untung hanya 1000 rupiah. Dan bila sehari anda memasarkan kartu perdana tersebut bisa terjual 25 buah. Maka dalam sehari anda bisa untung 25 ribu rupiah, lumayan lah bisa digunakan untuk makan sehari.

Itulah ulasan dan juga contoh usaha yang cocok untuk mahasiswa, semoga bermanfaat. Tetaplah bermimpi dan ingat baik-baik bahwa mimpi itu adalah awal dari kesuksesan. Jadi awalilah dengan mimpi dan iringilah dengan tindakan untuk menuju sebuah akhir yaitu kesuksesan.

0 komentar: