Modal Jualan Baju Berapa Ya?

Bicara mengenai modal jualan baju itu sebenarnya relatif. Kenapa relatif? Karena tergantung baju yang seperti apa yang mau dijual dan sistem penjualan seperti apa yang mau digunakan.

Oke sebagai gambaran, di sebuah toko baju di pinggir jalan dengan toko baju di Mall, apakah sama modalnya? Lalu jualan melalui toko biasa dengan jualan melalui toko online, apa juga sama modalnya? Pasti berbeda-beda, bahkan untuk toko online, ada yang hanya butuh modal 100 ribu dan malah ada yang tidak perlu keluar modal sepeser pun.  Masih bingung? Berikut ini ulasan lengkapnya.

modal jualan baju

Modal Jualan Baju Dengan Sistem Penjualan Yang Bebeda

Toko Baju

Berjualan toko baju tentu akan mengeluarkan modal besar, terlebih lagi bila baju atau pakaian yang dijual itu baju bermerk, pasti modalnya bisa puluhan bahkan ratusan juta. Belum lagi bila membuka toko baju di Mall yang harga sewa tempatnya saja bisa puluhan juta per bulan. Bisa dibayangkan bukan berapa modal untuk bisa jualan baju melaui toko?

Distro

Ditro dan toko baju bukannya sama ya? Memang sama, tetapi Distro lebih cenderung pakaian-pakaian gaul dengan sasaran anak muda. Untuk modal untuk menjalankan usaha distro, dengan asumsi targetnya anak muda di kota. Maka modal yang dibutuhkan minimal sekitar 30 jutaan.

Artikel terkait : 5 usaha dengan modal 30 juta

Bila membuat distro di kota kecil atau di kawasan pedesaan tentu dengan hanya dengan modal sekitar 15 juta sudah cukup oke. Mengingat baju yang bermerk tidak terlalu penting bagi mereka. Yang lebih penting adalah bajunya yang bagus dan keren bila dikenakan. 

Butik

Nah bila mendirikan butik maka modalnya bisa ratusan bahkan milyaran. Walau dibawah 100 juta tetap bisa menjalankan bisnis butik. Mengapa modal jualan baju di butik mahal? Ya karena harga bajunya yang mahal, dan rata-rata baju yang dijual itu baju rancangan sendiri oleh seorang desainer. Sehingga baju tersebut merupakan baju limited edition.

Jualan di Pinggir Jalan

Sering menjumpai penjual baju di pinggir-pinggir jalan bukan? Bila mau berjualan atau berbisnis baju dengan cara seperti itu, modalnya paling hanya 3 jutaan saja. Bahkan modal 1 juta pun sudah bisa jalan, sebab baju yang dijual rata-rata baju yang murah dengan harga kisaran 25 ribu sampai 100 ribuan. Tapi yang lebih sering dijual yaitu harga dibawah 50 ribu.

Baca juga : Usaha modal 100 ribu

 Jualan Melalui Online

Untuk jualan secara online itu ada yang bisa keluar modal besar, adapula yang butuh modal koneksi internet saja. Seperti jualan melalui toko online, tentu modal yang dibutuhkan besar, sebab selain butuh biaya untuk toko onlinenya, juga butuh beli baju-baju yang dijual serta melalukan promosi-promosi.
Namun walau membuat toko online, ada juga yang hanya butuh modal tidak lebih dari 500 ribu dan ada pula yang hanya butuh modal 100 ribu. Sepeti membuat toko online dengan blog gratisan yang hanya butuh beli domain yang harganya paling hanya 100 ribuan. Lalu nanti barang yang dijual adalah barang-barang dropship.

Barang-barang dropship itu yang seperti apa? Yaitu intinya kita menjualkan barang milik orang lain tetapi atas nama kita. Jadi misalnya ada pembeli yang membeli baju ke kita, maka pihak dropship yang nantinya akan mengurusi masalah penerimaan pembayaran serta masalah pengiriman barang, tetapi dengan atas nama pengirimnya kita.

Dan sebenarnya untuk bisnis dropship seperti itu tidak perlu membuat toko online. Sebab banyak sekali teman-teman online yang berjualan baju dropship dengan hanya menggunakan BBM atau Facebook saja. Jadi modal jualan baju dengan sistem atau model seperti ini tidak butuh modal alias gratis.

Untuk itu, mau jualan baju dengan model seperti apa anda?

Itulah ulasan singkat mengenai modal jualan baju, semoga bermanfaat bagi yang ingin menjalankan usaha atau bisnis jualan baju. Tetaplah optimis bisa sukses, walau jalan menuju sukses tak sama dengan rencana yang dibuat.

0 komentar: