Peluang Usaha Bidang Pertanian Dan Peternakan

Bagaimana sih peluang usaha bidang pertanian dan peternakan? Apakah menguntungkan? Jangan ditanya menguntungkan atau tidak ya, sebab pertanian dan peternakan itu pada hakikatnya bisa memberikan keuntungan yang lumayan besar.

Kenapa bisa? Ya kita pahami saja diri kita pribadi, kita maka dari mana? Dari hasil pertanian bukan? Lalu sebagai lauk makanan kita dari mana? Dari hasil pertanian dan peternakan juga bukan? Jadi bila ditekuni, usaha di bidang peternakan dan pertanian itu amat sangat menjanjikan.

peluang usaha bidang pertanian dan peternakan

Nah masalahnya sekarang kenapa dalam kenyataannya banyak petani dan juga peternak kurang sukses? Sebab banyak yang menjadikan pertanian dan peternakan hanya sebagai usaha atau bisnis sampingan saja. Dan selain sebagai sampingan, para petani ataupun peternak tidak banyak yang membaca peluang atau membaca momentum.

Misalnya bila di daerahnya sedang ramai menanam pagi, seharusnya jangan ikut-ikutan tanam padi. Sebab bila nanti serentak panen padi semua maka harga jual padi tersebut akan turun. Nah logikanya ini bila padi yang ditanam memang untuk dijual, bukan untuk dijadikan makanan sehari-hari sendiri. Loh pada musim itu cocoknya kan menanam padi, tidak menanam yang lainnya. Iya cocok, tapi memang tidak ada tanaman lain yang cocok ditanam di musim tersebut ya?

Untuk peluang usaha di bidang peternakan bila ditekuni juga menjanjikan sekali. Dan banyak sekali peternakan yang bisa dijalankan, entah itu sebagai usaha utama atau usaha sampingan. Seperti usaha sapi perah, usaha ternak ayam, usaha ternak lele, ternak jangkrik, ternak burung dan lain sebagainya.

Tips Usaha Bidang Pertanian

  1. Bila pertanian akan dijadikan usaha utama, cobalah tanam tanaman yang tidak sama dengan petani lain.
  2. Bisa juga menaman tanaman selain palawija tapi tetap memiliki pasar yang luas dan masa tanam tidak terlalu lama seperti menanam Pepaya California, Melon, Sayuran dan lain-lain.
  3. Bagi pekerja atau karyawan yang menjadikannya usaha sampingan bisa menanam buah-buah yang harganya cukup lumayan seperti Kelengkeng, Durian, Sukun, dan lain-lain.
  4. Bila letak jauh dan tidak sempat mengurus sehari-hari apalagi bila sedang berbuah (takut habis di makan binatang atau di ambil manuisa). Untuk itu, bisa menanam pohon Sengon Laut yang dalam waktu 4 sampai 5 tahun bisa cukup lumayan hasilnya. Bisa juga menanam pohon jati, pohon randu dan lain-lain.
  5. Teruslah belajar, sebab sekarang sudah banyak petani moderen yang memiliki bibit yang super, teknik menanam yang keren, pupuk yang alami dan murah. Dan rata-rata petani modern seperti ini sangat sukses karena dari tanah yang mereka garap tidak hanya tanah milik pribadi. Melainkan juga tanah milik orang lain yang mereka sewa.
    Artikel terkait : ulasan peluang bisnis pertanian yang menggiurkan

Tips usaha bidang peternakan

Mau dijadikan usaha sampingan atau usaha utama? Bila utama, bisa menjalankan usaha ternak puyuh, ternak bebek, ternak sapi perah, ternak burung dll. Alasan mengapa sebaiknya beternak hewan tersebut yaitu karena kita bisa mengelola usaha atau bisnis lain. Jadi seperti ternak puyuh dan ternak bebek nantinya kita bisa sekalian mengolah telurnya lagi. Telur bebek bisa dijadikan telur asin, atau nanti bisa ditetaskan untuk pengganti bebek yang sudah tua. Bisa juga nanti menjualnya dalam bentuk anak bebek. Lalu untuk telur puyuh nanti bisa dibuat makanan seperti sate telur, bakso telur puyuh, dijual matang dan lain.

Bila menjadi usaha sampingan, maka lebih baik beternak lele, jangkrik, kambing atau yang lainnya. Sebab nantinya bila sudah besar bisa langsung dijual dan untuk memberi makannya juga cukup mudah.
artikel terkait : contoh usaha sampingan untuk karyawan

Yah itu saja ulasan tentang usaha bidang pertanian dan peternakan, semoga bermanfaat dan ingat orang sukses itu adalah orang yang berani melawan arus.

0 komentar: